Laman

Senin, 02 Januari 2012

Simulasi Transaksi antara ESC

Sumber: http://speedline-moody-infinity.blogspot.com/2012/01/tutorial-jual-beli-barang-dengan-point.html

Studi Kasus:

PT. Indo-Cool adalah Merchant eSpeedCash yang menjual alat dan peralatan pendingin ruangan dengan berbagai macam ukuran dan merek.
Moody Infinity ingin membeli remote AC universal dari PT.Indo-Cool, yang menurut price list nya adalah seharga 10 SC.   

Moody Infinity akun  scWallet-nya adalah  00-50622-40015
PT. Indo-Cool,  akun scWallet-nya adalah   00-53362-40019    


Sebelum kita memulai, kita lihat dulu kondisi awal akun Moody yang original ketika Balance dia terisi pertama sekali setelah WD dari Speedline telah berhasil sebagai berikut :




Ingat baik-baik gambar disamping, karena nanti di akhir akan nampak perubahan-perubahan pada Balance, Transaksi dan Points dari akun kepunyaan Moody.  :)

Deal jual beli Remote AC diawali dari Moody yang menelepon staff Indo-Cool dan menyatakan niat nya untuk beli barang tersebut. Staff Indo-Cool lalu menanyakan akun Moody yang kemudian diberikan oleh Moody dan di catat oleh Staff Indo-Cool.
  

Oleh karena Indo-Cool baru saja memulai usahanya, maka Balance di scWallet nya adalah NIHIL alias ZERO. Staff Indo-Cool langsung saja login ke akun scWallet nya dan langsung membuka menu Points --> Buy SC Point. Staff langsung memasukkan akun Moody dan menguji nya dengan cara menekan tombol Validate.



Setelah ada pesan 'Wnumber Valid', yang artinya nomer nya itu memang Sah dan bisa dihubungi oleh sistem, maka langkah selanjutnya adalah click pada tombol 'Buy SC Points' seperti gambar diatas. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini  :

Staff Indo-Cool akan memasukkan password Transaction-nya dan memasukkan verifikasi kata seperti gambar diatas.  Setelah itu Staff akan click di tombol 'Confirm Buy Points' dan akan muncul pesan di pita kuning yang berisi pesan 'Info: New Transaction Added. Transaction is Pending. Needs approval'


Setelah langkah diatas, Staff akan membuka menu 'Points Transaction' dan akan terlihat transaksi Indo-Cool yang pertama kali dalam sejarah nya. Status nya masih PENDING, karena menunggu konfirmasi dari Moody terlebih dahulu. Karena ini ceritanya adalah ' Indo-Cool sedang berusaha menarik point (buy) dari Moody.  Kalau Moody membatalkannya di akunnya sendiri, maka status nya akan berubah menjadi 'Cancelled' di akun punya Indo-Cool


Ini adalah tampilan ketika tombol 'VIEW' di gambar atas di klik oleh Staff.


Nah, sampai disini Staff Indo-Cool sudah menyelesaikan tahap-tahap yang diperlukan untuk menarik (buy) point dari akun Moody. Staff tinggal menunggu kabar dari Moody bahwa transaksi 'buy' ini sudah di 'approved' oleh Moody.

Sampai Disini
peran staff Indo-Cool sudah selesai

Selanjutnya, Moody mulai membuka akun scWallet nya dan langsung ke menu Points -->> Points Transaction. Disana sudah terlihat ada transaksi baru yang sudah muncul di baris paling bawah. Terlihat dari WNumber nya adalah akun kepunyaan Indo-Cool yaitu : 00-53362-40019

Moody perlu untuk click di tombol 'VIEW'  agar transaksi dengan Indo-Cool bisa diteruskan.


Setelah layar dibawah terbuka, Moody harus memilih Action =  'Approve', mengisikan Transaction Password dan mengetikkan Word Verification seperti nampak dibawah ini.
Segera setelah tombol 'Submit' diatas di click, maka akan muncul pesan 'Info: Transfer points success'  seperti di gambar bawah.  Itu artinya 10 point yang dimiliki oleh Moody sudah berpindah ke akun milik Indo-Cool.

Dibawah ini kita lihat, dari menu 'Points Transcation', bahwa transaksi Buy Points sebanyak 10 Points di kolom Status sudah berubah menjadi 'Success'
Dan ini berpengaruh kepada Balance kepunyaan Moody yang sudah berkurang 10 points, yang pada awalnya adalah 626.67 sekarang sudah menjadi 616.67
Dan terlihat di menu Transaction milik Moody, dibaris paling bawah sudah tertambah lagi satu transaksi 'Debit'  yang artinya adalah 'point keluar' / sudah berpindah ke akun orang lain. Kalau transaksi 'Credit' itu artinya 'point masuk'  ke akun Moody yang sementara ini semua nya berasal dari proses WD dari Speedline
 
-------  sampai disini, selesai lah tugas Moody untuk menjawab transaksi dari Indo-Cool --------------

Sekarang kita lihat lagi apa yang terjadi pada akun punya Indo-Cool.  Terlihat pada gambar dibawah, transaksi yang diusulkan oleh Indo-Cool kepada Moody sudah berstatus 'Success'. Ini artinya Moody sudah merelakan point nya diambil oleh Indo-Cool. Dan sesbagai gantinya,, Indo-Cool akan mengirimkan Remote AC Universal seperti yang dipesan oleh Moody.
 
 Dan berikut adalah isi dari menu Transaction dari Indo-Cool
Dan juga Balance Indo-Cool yang sebelum transaksi adalah 0.0 ( zero) sekarang sudah bertambah menjadi 9.9 points.



Dengan demikian, selesailah sudah seluruh proses bagaimana transaksi points antara Indo-Cool dan Moody. Indo-Cool dan Moody akhirnya saling jabat tangan di udara, dan berharap akan bertransaksi lagi kapan-kapan :)

Catatan: 
Ini juga merupakan ilustrasi bagaimana Merchant-Merchant dan Exchanger akan berinteraksi dengan anda. Kalau anda punya 2 akun scWallet, cobalah berlatih untuk buy dan sell point diantara keduanya agar kedepan lebih lancar dan terhindar dari kesalahan ketika memerlukan transaksi dengan pihak lain...

Salam sukses .




 

Tidak ada komentar: